Wednesday, September 12, 2007

Bujukan makan untuk anak sakit

Sedih deh kalo liat kondisi anak yang rewel & nggak mau makan,apalagi biasanya Dear tergolong anak yang doyan makannya. Dah beberapa hari ini anak itu memang sering ngeluh mulutnya sakit, pertama waktu dia ngeluh kulihat ada setitik putih di gusi depannya, aku pikir nggak akan apa-apa, Cuma setitik saja toh sebentar juga akan sembuh kalo anak itu rajin makan buah.

Setelah berhari-hari masih terus mengeluh, aku pikir itu hanya alasannya saja minta perhatian, sebab kalo lagi main game ato makan makanan yang disukainya dia bisa nggak ngerasa sakit…. Jadi aku cuekin dech.

Sampe akhirnya kemarin pagi, bangun tidur Dear batuk-batuk, akhhh…. Mungkin karena keselek ato udara dingin. Waktu sore hubbyku jemput,

Hubby:”Non, dear sedikit demam, suhu tubuhnya naik….”

Waduhhh ternyata beneran anak itu sakitnya.

Waktu aku sampai di rumah, seperti biasa disambut Dear
Dear:“hallo mami, hallo papi… mami bawa apaan tuh”

Aku :”mami bawa sate, Dear makan sama sate yach?”

Dear :”nggak mau, sakit”

Sampai sekitar jam 6an gitu deh aku terus menanyakannya mau makan apa… sempet papinya menawarkannya bubur, Dear mau tapi dia harus ikut pergi belinya…. Aku yang nggak ijinin. Akhirnya papinya batal deh pergi. Aku mulai lagi bujukin makan…. Dear ngotot tetep mau bubur dan dia mau ikut pergi belinya. Akupun ngotot juga bilang “TIDAK!” udara diluar tuh nggak enak banget, aku yang sehat aja jadi pusing & nggak enak badan karena udara yang tidak bersahabat apalagi Dear.

Untung Dear termasuk anak yang nggak terlalu sulit dikasih pengertian (kadang-kadang aja sih) , jadi ngotot mengototnya tidak berlangsung lama, eh rupanya dia bosen juga kali yah dengan pertanyaanku, akhirnya dear request bubur Harold (nah…. Untuk bubur yang satu ini orang rumah pasti nggak ada yang tau soalnya Cuma aku & Dear aja yang liat oma buatin bubur buat Harold waktu kita nginep di gading). Sippp….. langsung aku bangun buat masakin Dear bubur Harold . Buburnya aku buatkan dari nasi di masak kembali dengan air, tambah garam & merica, kasih telur ayam kampong trus di aduk jadi satu….. teng…teng…. Dalam 5 menit bubur Harold dah jadi deh….

Pelan-pelan kusuapi Dear, satu sendok masuk…. Sendok ke dua juga masuk….. mulai sendok ke empat dia mengeluh sakit lagi mulutnya….. dan kalo udah gitu…pasti banyak alasan deh… mau makan sama engkonglah…. Begitu mau disuapi engkongnya ganti lagi mau sama emalah….. trus ganti lagi sama mami, sama papi….. pokoknya muter aja sampe buat aku jengkel, itukan alasannya biar nggak nyuap-nyuap. Aku sih nggak mau dimainin gitu…buat aku enggak semuanya keinginan anak dituruti… kalo emang nggak bagus ya dikerasin donk biar nggak ngelunjak, beda dengan ema & engkongnya yang ngikut aja Dear mau apa… akhirnya anak itu jadi ngelunjak & ujung-ujungnya kurang ajar.

Setelah hampir 1,5 jam, akhirnya habis juga buburnya…. Baguslah…. Minimal perutnya jadi nggak kosong, malamnya kita mulai lagi bujuk Dear buat minum susu, susaaaahhh banget… kembali kealasan awal “mulutnya sakit mami”.... sabar..sabar…. sampe akhirnya papinya ngejanjiin Dear boleh main internet klo dia sudah selesai minum susu (emang maunya Dear sejak sore tadi itu mah, so pasti langsung di tanggapi), ya janji harus ditepati donk…jadi begitu susunya habis, anak itu nagih …. Akhirnya kesampean juga deh dear main game di internet, dia paling suka sitenya Disney, disitu dear bisa mewarnai tokoh cars nya, main balap mobil, dll. Hampir jam 11 malam Dear baru mau tidur.

Pagi ini, kembali lagi kita bujuk Dear buat makan, dia malah mintanya yang aneh-aneh sama engkongnya. Coklatlah, jeruklah…. Pokoknya yang dilarang malah diminta

Aku :”Dear makan yah…. Mau makan apa???”(sambil kuusap badannya)

Dear: “yang kayak Harold itu loh mami, di sendok trus di suap”
(sambil diperagakan gitu ngomongnya)
papinya jelas bingung donk…apaan tuh???? Hehehe….. sebenernya aku juga gak tau, tapi demi anak itu makan jadi belagak tau deh…

Aku :”oooh… itu koko Harold makan buburnya sendiri yah”

Dear:"iya”

Aku :"ya udah sebentar mami buatin bubur Harold trus Dear makan sendiri
ya seperti koko Haroldnya, tapi janji makannya harus dihabiskan”.

Dear:"Iya mami”

Seperti semalam, aku buatin bubur yang sama lagi buat sarapan paginya, tapi baru dua kali dia menyuap sudah langsung dihentikan dengan alasan yang sama. Dibujuk sama engkongnya tetep nggak mau (jujur aku sebenernya juga nggak gitu rela Dear disuapi engkongnya kok), akhirnya muncul ide buat memberikannya pulpenku yang ada gambar gufi & mickeynya …. Dia mulai mau lagi makannya…. Sekitar 4 suapan lah…. (klo aku yang suapi porsinya pasti lebih banyak karena aku buat sendok itu penuh), tapi setelah itu mogok lagi….

Aku : “klo Dear nggak makan, pulpennya mami ambil lagi yach”
(sambil aku coba mengambilnya dari tangannya tapi nggak dapet)

Dear: “untung mami nggak bisa ambil”

Aku : (sambil rada jengkel klo denger Dear ngomong seperti itu) “siapa
bilang nggak bisa ambil….. (kurebut lagi pulpennya dan kali ini dapet)

Dear: “jangan diambil mami”

Aku : “klo mau pulpennya, makannya habiskan dulu”

Dear: “nggak mau, mulutnya sakit” (sambil dia berlindung didekat
engkongnya)

Ya udah aku tinggalin aja ke kamar, toh aku juga harus siap-siap, nggak lama Dear menyusulku ke kamar

Dear:”mami, mana pulpennya?? Ambilin donk” (dia nanya sambil bongkar
laciku tempat nyimpen pulpennya sebelumnya, tapi untung saja aku tidak
mengembalikannya ke tempat itu)

Aku :”udah mami simpen, Dear nggak akan tau tempatnya” (Dear masih saja
bongkar laciku dari yang satu pindah ke laci lainnya tapi nggak nemu
juga)

Dear:”mami pake apa itu” (dia liat aku pakai body lotion)

Aku :”Dear mau coba? Sini tangannya” (aku coba melunak lagi berharap
anak itu jadi nurut, sambil ku oleskan body lotionku sedikit ke bahu
tangannya), “tapi ini buat orang besar, klo anak kecil body lotionnya
ada gambar babynya”(kuambilkan dia lotionnya yang memang jarang banget
dipakai)

Dear:”ini punya Dear yah mami???”

Aku :”Iya…. Oiya Dear makan lagi yah, mami suapin….”

Dear:”Iya mau makannya sama mami, tapi minta pulpennya”

Aku :”ok nanti mami kasih kalo makannya sudah selesai”

Akupun bawa Dear keluar kamar, dan mulai berjuang lagi untuk menyuapinya, sambil aku & hubby makan juga.

Dan akhirnya, pas jam 8, anak itu selesai juga makannya….. sesuai janjiku, kurelakan deh pulpen orangenya ku….

No comments: