Monday, July 30, 2007

Masak lagi Yuk!!!!

Hari jumat kemarin aku nemu resep cumi yang lumayan ok keliatannya, ya nggak tau emang pas lagi kepingin makan cumi atau pas sreg sama resepnya. Trus seperti biasa deh di catat biar gak lupa. Sebenernya mau dicoba buat hari sabtunya, tapi ternyata sabtu aku udah buat janji sama mamiku mo belanja keperluan baby…. So gak jadi deh.

Baru hari minggunya kesampean, pagi-pagi aku cepet bangun biar bisa nitip cumi basah sama mertua (karena mertuaku kepasarnya pagi-pagi gitu), sepulangnya dari pasar, cuminya buru-buru aku bersihkan, buang mata dan tintanya…ihhh cuminya banyak yang bertelur jadi nafsuin. Setelah bersih, kuperaskan jeruk nipis dan tabur garam, biar nyerep aku diamkan cukup lama (sebenernya menurut resep 15 menit cukup, tapi karena rencana mau di bakarnya nanti sore ya aku diamkan sekitar 6 jam).

Agak siang, aku ajak hubbyku beli panggangan (selama ini kita nggak pernah buat buat sesuatu yang di bakar, jadi nggak punya panggangan dech) Ada beberapa toko perabot deket rumah, tapi aku punya langganan tersendiri, beberapa kali beli perabot RT harganya lebih murah daripada tempat lainnya. Sayangnya, panggangan yanga da tinggal 1 dan kecil, hubbyku pengennya yang agak besar biar sekalian katanya. Ya nggak jadi deh beli di situ. Akhirnya sepakat kita ke Hypermart – Metos, tapi disanapun nggak menemukan yang dicari…. Banyak sih panggangan yang cukup besar tapi beda dari yang pernah kita lihat, akhirnya rencana beli panggangan malah pulang bawa terigu 6 kg (buat mertua). Ujung-ujungnya, beli panggangan di deket rumah juga deh (tapi harganya lebih murah daripada toko sebelumnya).

Habis makan siang, kembali kuutak-atik cuminya, kali ini aku buat bumbu perendamnya, campuran dari bawang putih, kecap manis, kecap ikan, minyak sayur, gula dan merica. Setelah air yang ada dicumi aku buang, aku ganti dengan bumbu perendam, masukkan kulkas. Trus aku buat sambal terasinya.

Selesai sudah cuminya, tinggal nanti sore di bakar, mau istirahat bentar tapi ternyata nggak bisa tidur, akhirnya keluar kamar, aku kupasin aja kelengkeng yang baru dibeli kemarin, kepikiran mau buat es buah buat hidangan penutupnya.

Setelah beres menyiapkan buah, kembali pada cumiku sayang, seharusnya menurut resep cukup direndam dengan bumbu, tapi kok kayaknya aku nggak yakin bisa empuk yah klo Cuma dibakar, kasian Dear klo cuminya nggak bisa empuk benar, ya udah sama bumbu-bumbunya aku masak aja tuh cumi sampai hampir matang , trus di angkat n sisihkan sampai dingin.

Setelah hubbyku bangun, kita keluar bentar cari kelapa muda buat hidangan penutup pelengkap es buahnya. Setelah itu, hubby siapkan panggangannya, bakar arang sementara aku tusuk-tusukkan cuminya.

Kita siap hampir berbarengan, setelah arang panas, mulailah bertindak, hubby bagian kipas-kipas (Sengaja pakai kipas manual seperti tukang sate) dan aku bagian poles -memoles dan balik-membalik supaya matangnya rata. Dear ikut ambil bagian juga cuma sebagai pengganggu (hehehehe…… anak itu kan emang maunya ikut-ikutan aja).

Akhirnya selesai juga cumi bakarnya….. hmmm… baunya….. jadi laper n gak sabar ambil nasi dan langsung makan.

Selesai makan baru aku buatkan es buahnya, buat sirup gulanya, tuang air kelapanya kedalam panci, masukkan kelapa, kelengkeng, strawbery dan jeruk bali dan batu es. Jadi deh minuman segeur…..
Yang buat seneng lagi adalah…… hubbyku bilang cumi bakar dan sambalnya enak non! (walaupun tetep ada komplainnya karena sambalnya kurang pedes…lah kan aku nggak doyan pedes koh!).

RESEP

Cumi Bakar

Bahan : 500 gr Cumi basah ukuran kecil, bersihkan
sdm air jeruk nipis
¼ sdt garam
1 bh jeruk limau, peras
1½ sdm margarine

Perendam, campur rata : 6 Siung bawang putih, haluskan
1½ sdt gula pasir
3 sdm kecap manis
1 sdm kecap ikan
¾ sdt merica bubuk
2 sdm minyak sayur

Sambal terasi, haluskan: 8 bh cabai merah
5 bh cabai rawit
1½ sdt garam
1 sdt gula pasir
1 bh tomat, buang biji,goreng sebentar dg sedikit minyak

Cara buat:

  • Lumuri cumi dg air jeruk nipis & garam, diamkan selama 15 menit, tiriskan.
  • Lumuri cumi dg bahan perendam, aduk rata, rendam selama 30 menit, sisihkan
  • Tusuk cumi-cumi dengan tusuk satai bambu, bakar cumi diatas api arang, sambil diolesi margarine hingga matangAngkat, perciki dg air jeruk limau.

Nb. Yg diatas itu resep dari sananya, tapi buat aku, aku seneng modifikasi sendiri jadi ada beberapa item yg diubah, termasuk sambalnya, setelah dihaluskan aku goreng sebentar biar lebih harum.

Es buah

Bahan: kelapa muda sedang
Kelengkeng
Strawbery
Jeruk bali

(buahnya kira-kira sendiri aja yah)

Kuahnya : 13 sdm Gula pasir
Air putih (masak dengan gula pasir hingga gulanya larut)
Air kelapa
Campur jadi satu deh

Nb. Saran aku sih, yang dicampur dikuah cukup kelengkeng dan kelapanya saja, sedangkan strawberi dan jeruk bali baru dicampurkan kalau mau dihidangkan.

Selamat mencoba yah…..

No comments: