Tuesday, September 26, 2017

mengenang Papi

Hari ini ulang tahun alm papi yang ke 65 (jika beliau masih ada), sudah 15 tahun papi pergi meninggalkan keluarganya menuju rumah  BAPA di SORGA. Sejak kecil aku deket banget sama papi, masih teringat bagaimana papi maksa aku tidur siang dan di temenin.....tapi begitu papi sudah tertidur pulas aku malah kabur keluar buat main lagi. Gimana ekspresi marahnya papi klo anaknya bandel dan ga nurut, pernah juga kejadian papi ngambek dan tiba-tiba menghilang. Mami dan anak-anaknya panik nyariin si papi yang tiba-tiba menghilang, ealah ga taunya ngumpet di dalam lemari. Pernah juga kejadian yang sama , aku pikir ngumpet lagi di dalam lemari...tapi pas di buka pintu lemari ga ada papi di situ, muter-muter seluruh bagian rumah diperiksa tidak ada papi juga di situ , sampai akhirnya periksa kebon belakang sambil memanggil "papi" dan tralalala...... ternyata nangkring diatas pohon jambu.

Papi itu galak, tapi baik hati dan lucu. Pengorbanannya buat keluarga sungguh luar biasa, walaupun keadaannya jantungnya yang lemah (klo dokter bilang bocor) tapi beliau tetap semangat jalanin hidup. Papi sumber inspirasi aku, papi yang selalu ada buat aku, papi yang bantu prakarya dan tugas sekolah bahkan sampai papi yang bantu buatin aku skripsi. Beliau hanya lulusan SMA tapi skripsi yang beliau buat tidak kalah sama yang sudah menempuh pendidikan S1. Bisa jadi klo bukan karena papi, skripsiku ga selesai dan aku tidak bisa menyelesaikan kuliah 3,5 tahun. Bisa jadi klo bukan karena papi yang ingin punya anak bergelar "Master" aku ambil kuliah S2. Bisa jadi klo bukan karena papi pingin anaknya kuliah di jurusan Akuntasi , aku seperti ini. Dan bisa jadi klo bukan karena papi yang minta aku pindah kerja di daerah Tangerang saja biar deket sama rumah, aku kerja di Goldxxxx Group dan bertahan dari tahun 2001 hingga hari ini. Sebagian hidupku aku dedikasikan buat menuruti keinginan papi. Klo ada yang tanya "emangnya elo ga punya keinginan sendiri?" jawabnya "PUNYA, tapi klo itu buat papiku terbeban dan sedih lebih baik aku buang keinginan itu", aku tidak sepenuhnya jadi anak penurut, seringkali aku juga ngeyel dan bantah papi, dan klo udah gitu aku marah pada diri sendiri, marah karena aku ga bisa jadi anak yang penurut.

15 tahun ini papi sudah tidak pernah lagi mengatur hidupku dan aku sangat kehilangan. Terkadang buat menghapus rasa rinduku aku cerita kepada hubby gimana papi dulu sambil mengingat kembali apa yang akan papi lakukan ketika aku mau tidur, papi masuk kamar dan mencari nyamuk-nyamuk nakal yang akan ganggu tidur anaknya, atau ketika aku denger musik dan kemudian tertidur, papi yang akan masuk kamarku dan matikan tapenya, papi juga yang rapikan meja belajarku.

Hadiah terindah dan terakhir papi untukku adalah memilihkan calon pendamping yang baik buat aku. Walaupun pada saat pemberkatan nikah sudah tidak ada papi di sisiku tetapi beliau tau laki-laki yang akan menemani sisa hidupku itu seperti apa. Dan walaupun papi sudah tiada, pilihannya kini menggantikannya, beberapa sifat dan caranya mengasihi keluarganya mirip.

Sungguh jika kita bener-bener percaya akan pilihan dan jalan hidup yang ditentukan orang tua kepada kita , hasilnya akan baik bahkan sangat baik . Thanks God karena aku masih punya kesempatan buat papi bangga sama anaknya ini.

No comments: