Thursday, February 21, 2008

Perkembangan Fy si anak 4 bulan


Nggak kerasa usia Fy hampir 4 bulan, beratnya kurang lebih 6,5 kg. Sejak usia 3 bulan 1 minggu aku sudah mencoba memberinya sari jeruk (1 hari satu buah) dan dia langsung menyukainya bahkan kalo jeruknya habis suka nangis minta lagi.

Seminggu yang lalu takaran susunya baru aku tambah dari 90 ml menjadi 120 ml, yang biasanya minum susu 3 jam sekali kini jadi 4 jam sekali. Sejak Fy berusia 3 minggu tidak pernah lagi mendapatkan ASI (bukan aku yang nggak mau memberinya tapi memang ASIku sudah tidak keluar lagi, kasian sih tapi mau gimana lagi...), tapi Thx God walaupun tidak ASI daya tahan tubuh Fy bagus, tidak mudah sakit dan montok, terbukti 2 minggu yang lalu Fy sudah melakukan perjalanan jauh (Jakarta - Semarang - Jakarta) dengan mobil, bayangin 10 jam perjalanan dan dia tetap sehat. Walaupun capek tapi Fy nggak rewel seperti kebanyakan bayi lainnya. Dirumahpun kami jarang menggendong-gendongnya karena dia cukup senang hanya dengan ditemani saja.

Fy sudah bisa diajak bermain, senengnya goda kokonya, buat kokonya gemes. Lucunya klo kokonya lompat-lompat didepannya Fy langsung menangis trus kokonya bilang "jangan nangis ya Fy koko nggak marah kok" (loochhh apa hubungannya lompat sama marah yah???)

sejak usianya 3 bulan, Fy sudah mampu memegang botol susu sendiri, jadi aku atau hubby nggak perlu repot memeganginya, hanya sesekali saja terlepas. Ini sangat membantu sekali apalagi saat malam hari jamnya bobo, duuhhh..... seringkali aku kepulesan dan tau-tau botol susunya sudah kosong. "Maaf ya sayang, bukan mami nggak perhatian tapi matanya nggak bisa diajak kompromi"

2 hari lagi Fy imunisasi DPT/polio yang terakhir. Kata kebanyakan orang bahkan dokter/bidan bilang imunisasi DPT/polio menyebabkan anak demam (karena aku ambil imunisasi DPTnya yang biasa bukan yang anti panas), tapi sekali lagi Thx God karena sudah 2 kali ini imunisasi DPT nya Fy bisa kuat, waktu yang pertama sih emang suhu tubuhnya rada anget tapi cuma sebentar, dikasih obat penurun panas 1 kali trus sembuh. Waktu imunisasi kedua malah nggak apa-apa.

Nah terbuktikan, walaupun nggak ASI exclusive tapi daya tahan tubuhnya tetap bagus, perkembangannyapun Ok.

No comments: