Monday, July 16, 2007

Buat Puding

Sejak Dear sakit beberapa waktu yang lalu, makannya jadi agak sulit dan dia selalu beralasan nggak enak mulutnya. Bingung juga sih ngakalinnya supaya ada makanan yang bisa masuk kedalam tubuhnya.
Hari kamis sempet aku ajak dia makan di Metro (sebelum sakit Dear pernah aku ajak makan sore di Metro FC yang ada di deket rumahku dan dengan lahapnya dia makan nasi + ayam, puding dan salad) dan kupesan menu yang sama dengan beberapa hari lalu, tapi yang ada malah aku yang makan karena sedikitpun Dear nggak mau makan nasinya, dibujuk-bujuk akhirnya dia mau makan juga walau hanya puding coklatnya. Dari situ keluarlah ide untuk buat puding juga, ya lumayankan buat nambah isi perutnya kalau dia makan nasinya susah. Pulang kerumah langsung kukeluarkan buku resep yang sebelumnya tidak berminat aku sentuh. Didalamnya ada resep puding coklat dan ternyata tidak terlalu sulit yah buatnya :) Ada sedikit yang aku ubah dari resep yang ada disesuaikan dengan bahan yang mudah di cari. Hasilnya Dear suka banget sama pudingnya. Aku tanya hubby bagaimana rasanya (karena sebelumnya aku nggak pernah buat puding dan sekalinya buat aku ubah sedikit dari resep yang ada) dan hubby ku bilang mantap euy... hehehehe jadi tersanjung dech!
Hari sabtu aku coba lagi browsing puding di buku resep, ternyata ada puding busa buah, waduh namanya lumayan menarik neh! kulihat resepnya, kayaknya bisa juga kubuat , jadilah aku ajak hubby buat beli susu cair lagi sepulang dari gereja. Sampai rumah sudah malam jadi kuputuskan buat pudingnya hari minggu saja.
Kali inipun Pudingnya berhasil ku buat... nggak sia-sia yach jadi anak mami bisa buat puding (walah apa coba!) , dah gitu aku masukkan kedalam cetakan agar-agar yang bentuknya macem-macem, walhasil begitu selesai ku cetak Dear sudah tidak sabar buat cicipi, sampai berantem sama papinya buat rebutan masukin kedalam lemari es.

Buat para mami yang lagi kesulitan bujuk anaknya makan ato minum susu, ada baiknya juga coba resep ini.

PUDING COKLAT

700 ml susu cair --> aku ganti dengan susu ultra coklat
50 g coklat masak --> krn sudah pake susu ultra coklat , coklat masaknya aku hilangkan (krn anakku masih batuk)
1 sdm coklat bubuk yang bagus
125 g gula pasir --> aku kurangi jadi 100 g saja krn susu ultra sudah cukup manis
1 bks agar-agar putih
1 btr kuning telur, di kocok

Fla
250 ml susu cair
1/2 sdm maizena
50 g gula pasir
1 btr kuning telur, dikocok
Rum secukupnya (jika suka, tapi nggak pake rum juga enak kok)

(kayaknya segitu aja deh bahan-bahannya)

Cara buatnya :
susu,gula,agar-agar, dan coklat di masak sampai mendidih, ambil 1 sendok sayur susu yang sudah dimasak kemudian campurkan dengan kuning telur, setelah itu masukkan kedalam susu yang lainnya diaduk-aduk sampai rata, diamkan sampai agak dingin baru masukkan kedalam cetakan puding.

Buat flanya juga sama, masak susu dan gula sampai mendidih kemudian ambil sedikit susu buat melarutkan tepung maizena nya dan ambil sesendok susu buat campurkan kuning telurnya, setelah tepung larut masukkan kedalam susu beserta kuning telurnya, aduk-aduk sampai mendidih, dan dinginkan.

Setelah keras puding siap disantap.

Selamat mencoba yach.....

Sekarang anakku mulai doyan makan lagi.... walau harus sedikit di bujuk tapi sudah cukup oklah.

No comments: